VALENCIA - Valencia harus merelakan posisinya di peringkat dua klasemen sementara La Liga jatuh ke tangan Sevilla. Itu setelah Los Che hanya mampu bermain 3-3 menghadapi Villlarreal pada lanjutan La Liga, Minggu (11/1/2009).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Mestalla, Valencia langsung unggul cepat saat pertandingan baru memasuki menit peertama melalui Ruben Baraja. Gelandang veteran asal Spanyol itu sukses memaksimalkan umpan Joaquin Sanchez dan melepaskan sundulan kepala tanpa mampu dibendung kiper Villarreal Diego Lopez. 1-0 Valencia unggul.

Kemenangan nampaknya semakin menjadi kenyataan bagi Valencia saat David Villa menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0 delapan menit berselang. Villa berhasil menerima umpan David Albelda dengan baik dan mengecoh satu pemain Villarreal sebelum melepaskan tembakan terarah yang tak terjangkau Lopez.

The Yellow Submarines yang datang ke Mestalla dengan tekad menghapus rekor buruk kalah berturut-turut dalam tiga laga terakhirnya, tak lantas menyerah. Silih berganti duet Giuseppe Rossi dan Joseba Llorente mengancam gawang Valencia yang dikawal kiper muda Renan Brito.

Usaha tak kenal lelah anak asuhan Manuel Pellegrini akhir membuahkan hasil. Adalah pemain pengganti Fabricio Fuentes yang berhasil memperkecil ketertinggalan timnya lewat golnya di penghujung babak pertama. Fuentes sukses memaksimalkan umpan tendangan sudut dan melepaskan sundulan yang meluncur deras ke gawang Btrito. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Valencia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Villarreal yang membutuhkan tambahan satu gol untuk menyamakan kedudukan, langsung mengambil inisiatif serangan. Peluang emas menyamakan kedudukan pun didapat Villarreal saat babak kedua memsuki menit ke- 53. Akan tetapi, Santi Cazorla gagal memanfaatkan umpan silang Joan Capdevilla setelah tendangan first timenya masih melambung di atas mistar.

Pada menit ke-77, seluruh awak Kapal Selam Kuning akhirnya bisa sedikit bernafas lega setelah Llorente mencetak gol dan membawa timnya menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Sebenarnya, Llorente hampir saja gagal menaklukkan Brito saat tendangan pertamanya mampu diblok. Beruntung, bola muntah kembali lagi kepadanya dan kemudian ditendang tanpa mampu diantisipasi Brito yang telanjur terjatuh.

Skor 2-2 ternyata tak bertahan lama. Pasalnya, dua menit berselang Valencia kembali unggul 3-2 berkat gol yang dicetak Edu setelah memanfaatkan umpan Joaquin. Namun, keunggulan Los Che juga tak bertahan lama. Pasalnya, enam menit berselang, Villarreal mendapat hadiah penalti setelah pelanggaran keras Capdevilla terhadap Joaquin.

Rossi yang ditunjuk sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan menaklukan Brito lewat titik 12 pas. Di sisa pertandingan, kedua tim tersebut memang terus berupaya keras mencetak gol kemenangan. Namun, hingga laga berakhir kedua tim harus puas bermain 3-3 dan berbagi poin satu.

Dengan hasil ini, praktis Valencia harus merelakan posisinya sebagai runner-up klasemen direbut Sevilla yang pada pertandingan sebelumnya berhasil membungkam Deportivo La Coruna 3-1. Skuada asuhan Unai Emery tersebut kini bertengger di posisi tiga klasemen dengan koleksi 34 poin, atau terpaut satu poin dari Sevilla.

Bagi Villarreal, tambahan satu poin ini sukses menghapus rekor buruk di tiga pertemuan terakhir serta membawa Robert Pires dkk naik satu peringkat ke posisi enam klasemen. Skuad yang bermarkas di Stadion El Madrigal itu mengumpulkan poin 30 hasil dari delapan kemenangan, enam kali imbang serta empat kali kalah.

Tidak ada komentar:

 
Ada Udang Di Balik Batu © 2008. Template Design By: SkinCorner